Akhlak dan Nasehat

Percakapan G & A – Teruntuk ABG Alay

alay

Gue: Eh, elu udah baca berita yang lagi hits di dumay nggak?

Aku: Berita yang mana nih? Yang bakar-bakar rumah ibadah? Yang eksekusi terpidana mati? Yang teroris? Atau yang anak alay jarang dibelai?

Gue: Hahaha, berita di negara kita kayaknya nggak ada yang beres ya? Yang terakhir dong!

Aku: Oh yang alay itu. Udah dengar, udah baca juga, udah stalking akunnya malah.

Gue: Ya ela udah stalking aja. Trus menurut lu?

Aku: Masih nanya? Udah jelas nggak mutu!

Gue: Nah, itu dia masalahnya. Jelas-jelas nggak mutu tapi masih aja diidolain ama anak ABG jaman sekarang. Ya nggak semua sih emang, tapi kebanyakan.

Aku: Dan yang kebanyakan itu pasti kelakuannya juga alay. Mana ada ABG normal dan sehat ngidolain yang macam itu!

Gue: Iya pasti. Kalau ngedukung pasti punya kesamaan. Cuman kasian juga sih gue lihat ABG jaman sekarang bisa se alay itu; pelukan, gendongan, ciuman, ngerokok, pasang tatto dan kawan-kawannya. Dan lagi, yang alay pastinya bukan cuma dia aja. Besok-besok muncul lagi tuh yang lain.

Aku: Itu bukan masuk kategori alay lagi! Tapi masuk kategori amoral! Nih orang tuanya pada kemana? Sibuk cari uang? Atau seneng aja lihat anaknya pada rusak kayak gitu?

Gue: Kasian ya. Masa muda udah rusak kayak gitu. Sekarang mungkin belum nyadar aja. Ntar kalau udah dewasa, udah pada sadar, baru kapok deh. Itu postingan kotor mau dibuang kemana kalau udah banyak yang ngoleksi duluan.

Aku: Ya udah lah ya, kita doakan aja biar pada sadar bocah-bocah ingusan itu.

Gue: Moga-moga aja mereka pada balik ke jalan yang lurus. Resah gue sama gaya hidup mereka yang nggak sehat.

Aku: Ngakunya sih anak jaman sekarang, kekinian, yang gaul, tapi mereka lupa, harusnya yang namanya keren itu juga dibarengi akal yang cerdas. Dimana-mana yang ngerusak itu pasti nggak baik, contohnya ngerokok, itu udah jelas banget taglinenya; rokok membunuhmu. Lah kalau kamu kekinian, emang nggak paham maksudnya tuh tagline? Atau udah pada bosan hidup dan pengin mati muda?

Gue: Itu baru rokok ya. Belum lagi yang pacaran, pelukan, gendongan, sampai ciuman malah, bikin psikis rusak berat. Itu ibarat candu yang bikin ketagihan. Di depan umum aja bisa kayak gitu, lah kalau cuma berdua bisa sejauh apa? Nggak ada satupun agama di Indonesia yang ngedukung gaya hidup kayak gitu! Itu artinya pasti ada dampak negatif bagi yang belum nikah! Kekinian mestinya selaras dengan pikiran yang cerdas!

***

NB: Bagi kamu yang ngaku muda dan kekinian. Cukup sudah buat aksi yang akan merusak masa depanmu! Berkaryalah dalam jalur yang benar! Tidak ada satupun sekolah yang ngajarin kalian jadi anak alay! ^^

Mohon maaf yang tidak berkenan. Penulisnya sedang berupaya jadi anak alay yang punya akal sehat😀 Trus, tolong deh, yang punya akal sehat juga, berita macam gituan nggak perlu disebarluaskan, kalau diperhatikan dampak negatifnya lebih banyak daripada positifnya. Kita yang udah dewasa cukup tahu aja, lalu nasehati dengan baik dan tegas!

_Nurhudayanti Saleh_ (Kamar tercinta, 03/08/2016. Ketika hati mulai resah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s