Diposkan pada Akhlak dan Nasehat

Ajari Aku Bijaksana

SONY DSC

Aku adalah isterimu, semua orang tahu.
Kita menikah dan berikrar akan selalu bersama dan setia.
Aku dan kamu di awal ibarat sebuah bibit yang belum tumbuh dan berbuah.
Bersama kita memelihara bibit itu, menyiram, menyemai, memberi pupuk.
Semua kita lakukan dengan bahagia karena dibungkus oleh cinta.

Tapi seiring waktu berjalan, ketika bibit itu telah tumbuh menjadi pohon yang rindang dan berbuah lebat, kau nampak mulai berubah.
Kau mulai melirik burung-burung kecil yang hinggap di dahan kita. Burung-burung itu melompat-lompat kecil, bernyanyi menggoda dan kau pun akhirnya tergoda.

Duhai lelakiku, ajari aku bijaksana.

Aku adalah ibu dari anak-anakmu.
Aku melayanimu seperti seorang raja.
Dan aku menyimpan luka itu sendirian.
Sementara kau tertawa bersama wanita lain di luar sana.
Aku menanyakan apa kekuranganku, dan kau bilang itu hanya semata khilafmu. Dan begitulah kamu.
Aku memaafkanmu dan meminta ikrarmu sekali lagi, tapi sekali lagi kau menghianati.

Duhai lelakiku, ajari aku bijaksana.

Aku membuat pilihan untukmu, meninggalkanku bukanlah masalah.
Aku rela asal kau benar-benar bahagia bersamanya.
Tapi kau bilang, kau tak bisa jika tidak ada aku.
Lalu, aku meminta kau berjanji, tapi sekali lagi kau ingkari.

Duhai lelakiku, ajari aku bijaksana.

Rasanya telah habis maaf di sini, di hati.
Telah habir sabar di sini, di dada.
Telah luntur percaya dan juga cinta.
Aku tak butuh hartamu yang melimpah.
Lebih baik seperti dulu, sebuah bibit kecil tapi setia.
Bukan pohon yang lebat tapi mendua.

Duhai lelakiku, ajari aku bijaksana.

Bijaksana menyikapi sikapmu yang tak pernah bijaksana padaku, wanita yang telah menjadi ibu dari anak-anakmu, wanita pertamamu.

-Huda- (6/5/2017. Ketika di luar sana ada yang harus marah tapi ia memilih untuk bersabar)

Tinggalkan Balasan

