Diposkan pada Akhlak dan Nasehat, Tips

5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Ramadhan

ramadhan

Wah, tidak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Seluruh muslim di manapun berada akan menyambutnya dengan penuh suka cita. Tapi, sebelum benar-benar sampai pada bulan yang suci esok, ada beberapa hal loh yang harus disiapkan oleh seorang muslim agar ibadah di bulan Ramadhan bisa terlaksana dengan maksimal dan lebih baik atau paling tidak sama baiknya dengan Ramadhan setahun yang lalu.

Hem, apa aja ya yang harus kita siapkan? Berikut 5 hal yang harus kita siapkan mulai dari sekarang juga.

– Niat

Dalam melakukan segala hal tentu selalu diawali dengan sebuah niat. Jika niat kita benar, maka apa yang kita laksanakan juga akan benar, bertahan lama sekaligus berkualitas tinggi. Sama halnya dengan Ramadhan, sebelum memasukinya kita membutuhkan niat yang benar yakni memanfaatkan bulan Ramadhan dengan beramal shalih sebanyak-banyaknya untuk meraup pahala sebesar-besarnya karena pahala amalan di bulan Ramadhan berkali-kali lipat dibandingkan dengan pahala di bulan lainnya.

Dengan niat yang benar, maka semangat beribadah akan terus terjaga sejak awal Ramadhan hingga akhir, bukan hanya kuat di awal tapi melempam di akhir 😀

– Ilmu

Setelah niat yang benar, yang harus kita siapkan adalah ilmu. Ilmu sangatlah penting dan harus sudah ada sebelum kita memasuki bulan Ramadhan agar ketika tiba di bulan tersebut kita sudah tahu harus melaukan apa saja. Seperti, kita sudah tahu kapan waktu sahur yang paling afdhal, kapan waktu imsak, kapan waktu berbuka, kapan seseorang boleh tidak berpuasa dan bagaimana cara menggantinya, kapan shalat tarawih dan bagaimana melaksanakannya, kapan waktu yang tepat berzakat fitrah, dan ilmu-ilmu yang lain yang berkaitan erat dengan bulan Ramadhan.

Dengan ilmu, amalan yang akan dilakukan akan terasa mudah dan lebih terarah.

– Fisik

Nah, yang satu itu juga tak kalah pentingnya. Ketika kita sudah meniatkan untuk banyak beramal shalih di bulan Ramadhan, maka itu berarti kita juga sudah harus mempersiapkan fisik untuk melaksanakan semua ibadah yang sudah kita rancang. Fisik yang kuat akan memudahkan kita melaksanakan segala macam ibadah plus melaksanakan amanah kerja yang tidak mungkin kita tinggalkan begitu saja. Membuat fisik tetap fit tentu banyak caranya, bisa dengan rutin berolahraga, minum multi vitamin, mengkonsumi madu, dan lain sebagainya.

– Budget

Kalau yang satu ini sih di mana-mana harus ada, termasuk di bulan Ramadhan. Mempersiapkan budget dari sekarang amat sangat penting karena sadar tidak sadar pengeluaran di bulan Ramadhan akan lebih besar di banding bulan-bulan lainnya. Budget yang kita siapkan bukan sekedar budget untuk membeli berbagai macam ta’jil dan makanan pas berbuka puasa, bukan pula sekedar persiapan ngabuburit dan jalan-jalan dari satu tempat makan ke tempat makan yang lain, budget yang kita siapkan juga untuk beribadah kepada Allah yakni berinfaq sebanyak-banyaknya. Ingat, pahala di bulan Ramadhan akan berkali-kali lipat, jadi jangan pernah sia-siakan 😉

– Keperluan Lebaran

Mungkin ada yang bertanya-tanya kok keperluan lebaran masuk dalam daftar kali ini padahal puasa aja belum. Hei, jangan salah. Mempersiapkan keperluan lebaran sejak sekarang seperti baju baru, sepatu baru, kue lebaran, dan sebagianya akan sangat membantu kekhusyuan ibadah di bulan Ramadhan.

Faktanya, di akhir-akhir Ramadhan kebanyakan orang disibukkan mengurus keperluan lebaran padahal waktu yang paling istimewa di bulan Ramadhan adalah di sepuluh hari terakhir, hari di mana salah satunya akan turun lailatul qadar, ketika saat itu seseorang beribadah semalam suntuk maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Masyaa Allah, muslim mana yang tidak ingin mendapatkan hadiah tersebut? Pasti semua muslim menginginkan agar dosanya diampuni dan keluar dari Ramadhan dalam keadaan suci, bersih tanpa dosa layaknya bayi yang baru saja lahir.

Nah gimana? Sudah bersemangat menyambut datangnya bulan Ramadhan? Yuk siapkan 5 hal di atas sebelum menemui bulan yang suci. Terakhir, jangan lupa lunasi hutang puasa kita yang masih tersisa ya 😉

_Nurhudayanti Saleh_ (Wotu, 23/2/2017. Merindui bulan Ramadhan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s