Akhlak dan Nasehat · My Diary · Tips

Tips Menikah Dengan Biaya Murah

Hanya 3 Langkah Ngajak Si Doi ke Pelaminan Tanpa Pacaran

Di zaman sekarang yang apa-apa pada mahal, tentu kita kudu melakukan penghematan apalagi bagi kita-kita yang emang pada dasarnya butuh hemat karena dompet yang tidak terlalu tebal. Tapi, meski zaman sekarang apa-apa pada mahal bukan berarti kita udah nggak mau lagi yang namanya nikah. Sebagai manusia lanjut usia, eh usia dewasa maksudnya, kita tentu tetap ingin menikah dengan catatan biaya nikahnya kudu murah *tetep hemat😀

Nah, kali ini saya bakal bagi-bagi tips gimana caranya biar bisa nikah tapi nggak perlu ngeluarin banyak biaya meski saya sendiri juga belum menikah😀

Untuk meminimalisir pengeluaran saat nikah, tentu kita harus tahu dulu apa aja yang bisa buat biaya pernikahan itu jadi membengkak. Menurut pengalaman pribadi ketika adik saya nikah kemarin, saya mencatat beberapa hal yang bisa buat biaya nikah membengkak dan meluber kemana-mana. Yuk, intip listnya dulu:

  1. Biaya makanan
  2. Biaya tenda atau gedung
  3. Biaya baju pengantin plus make up
  4. Biaya dekorasi
  5. Biaya transportasi
  6. Silahkan tambahkan sendiri😀

Let’s go, mari kita bahas satu per satu. Jangan lupa siapkan pena dan kertasmu ya. Catat! ^^

  • Biaya Makanan

Kenapa biaya yang satu ini bisa membengkak? Alasan pertama karena jumlah undangan yang kita undang. Semakin banyak orang yang kita undang, maka semakin besar pula biaya yang akan kita keluarkan. Jadi, kalau mau murah jangan banyak nyebarin undangan. Kalau perlu cukup undang keluarga dekat aja dan adainnya pas bulan Ramadhan jam 10 pagi. Dijamin murah!😀

Alasan kedua adalah karena dikerjakan manual di rumah dan dibantu oleh warga sekampung yang juga butuh makan. Alhasil, selain ngeluarin biaya pembuatan makanan untuk undangan di hari H, kita juga kudu ngeluarin biaya makan untuk yang membuat makanan. Dan biasanya membuat makanan untuk hari H bukan satu atau dua hari loh tapi bisa sampai 5 hari bahkan seminggu. Silahkan hitung sendiri, kira-kira berapa biaya yang harus dihabiskan untuk memberi makan orang sekampung dalam seminggu ditambah memberi makan undangan di hari H. Jawabannya banyaaaaaakkkk!!!😀

Jadi solusinya adalah mendingan pakai catering aja deh kalau bisa sih catering punya teman biar dapat diskon. Selain tahu beres, rumah kita juga nggak bakal kayak kapal pecah. Selain itu kita juga berkontribusi membantu para ibu-ibu nggak buat dosa. Bayangin aja, tiap mereka ketemu malah ngegosip. Gosipnya juga bukan cuma satu macam tapi bermacam-macam, mulai dari alis isteri pak RT sampai mobil Pak Camat plus dikali seminggu. Dosanya Subhanallah… *eh malah curhat😀

  • Biaya Tenda atau Gedung

Nah, ini dia biaya yang juga cukup menguras isi ATM. Kalau kita ngadain nikahan di rumah biasanya kita sewa tenda. Harga sewa tenda sendiri udah nggak murah. Standarnya 5 sampai 7 juta, ini juga yang paling murah banget. Atau kalau diadakan di gedung tentu sewanya bisa lebih mahal lagi.

Terus solusinya apa?

Solusinya ada beberapa option;

  1. Adakan nikah di masjid. Biasanya sewa nikah di masjid dengan minjam halaman masjid jauh lebih murah. Bisa jadi malah dikasih gratis kalau takmir masjidnya suami kamu😀 Setelah akad nikah, undangan bisa langsung menyantap suguhan di halaman masjid. Ingat, undangan kita cuma keluarga jadi halaman masjid in syaa Allah cukup untuk menampung mereka😀
  2. Adakan nikah di rumah tanpa sewa tenda. Karena undangannya cuma keluarga jadi nggak usah sewa tenda. Kalaupun mesti pakai tenda, cukup pinjam tenda tetangga😀
  3. Adakan nikah di KUA. Inilah yang paling murah. Dua option di atas masih harus ngeluarin uang sebanyak 600 ribu karena nikahnya di luar KUA. Nah, kalau nikah di kantor KUA, itu nikahnya gratis! Kita bisa berhemat 600 ribu loh ^^
  • Biaya baju dan make up pengantin

Nyewa baju pengantin itu nggak murah loh. Ternyata bisa sampai berjuta-juta. Semakin bagus bahannya dan banyak payetnya, maka semakin mahal pula harga sewanya. Saran saya lebih baik beli baju atau bikin sendiri. Selain lebih murah, juga bisa kita miliki selamanya. Tapi dengan catatan bajunya pasti nggak banyak payet dan manik-manik. Emang ada baju tanpa manik-manik dan payet trus cocok dipakai walimahan? Jawabannya banyak banget. Tinggal kamu cari aja di internet. Harganya biasanya kisaran 300 sampai 500 ratusan ribu. Nah, lebih murahkan daripada sewa baju!

Soal make up alias tata rias pengantin, kalau mau murah sih mending minta tolong teman yang jago make up. Atau bisa juga belajar dari sekarang, jadi pas nikah make up sendiri deh. Tinggal beli alat-alat make up sederhana. Nggak usah menor, kamu kan mau nikah bukan mau jadi badut di Ancol *ups!

  • Biaya Dekorasi

Ternyata yang satu ini juga butuh biaya yang nggak sedikit. Dan ini juga main jutaan loh. Jadi saran saya biar hemat, nggak usah pakai jasa buat dekorasi. Dekor sendiri aja bareng teman-temanmu. Bahannya juga nggak usah yang mahal. Pakai kertas warna-warni udah cukup kok. Apalagi bagi kamu yang aktif di organisasi dan sering buat kegiatan, soal dekor-mendekor pasti udah jago dong. Banyak banget insprasi yang bisa kita lihat di internet😉

  • Biaya Transportasi

Ini sih buat kamu yang nikah sama yang beda daerah apalagi beda pulau atau negara, biaya transportasi pasti bisa bikin dompet langsung kempes. Bayangin aja, nikah itu kan bukan cuma urusan kamu dan dia, tapi keluarga juga ikut terlibat, so kamu pasti butuh budget yang banyak untuk membiayai perjalanan bolak balik kamu dan keluarga untuk nikahi si dia.

Saran saya, kalau jarak emang bukan masalah buat kamu, berarti dari sekarang kamu kudu nabung biar bisa beli tiket pesawat. Tapi kalau kamu bener-bener pengin hemat, so kamu cukup cari calon pasangan di sekitar daerah kamu kalau perlu sih ngecek tetangga dulu, masih ada yang jomblo nggak😀

Kesimpulan, kalau mau nikah murah mah; Nikahnya di KUA, Nggak pakai jasa dekosari dan tata rias wajah, undangan cuma keluarga, acaranya cukup di rumah aja ^^ dan nikahnya sama tetangga sebelah *eh😀

Semoga bermanfaat ^_~

Dan semoga yang jomblo cepat nikah jika sudah waktunya😉

NB: Sebelum melakukan tips di atas, pahamkan dulu orang tua. Karena orang tua kebanyakan ingin anak-anaknya nikah dengan meriah ^^

_Nurhudayanti Saleh_ (Kamar Tercinta, 21/07/2016. Ketika tawaran kesekian datang bertandang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s