Akhlak dan Nasehat · My Diary

Lebaran dan Sepak Bola

Selamat Idul Fitri

Pagi ini, rumah kedatangan 3 kelompok bocah-bocah. Kelompok pertama ada 3 orang, kelompok kedua ada 5 orang, dan kelompok ketiga ada 7 orang. Kebanyakan dari mereka kelas 5-6 SD, ada juga yang sudah SMP dan ada yang masih kelas 2 SD. Semua kami berikan pelayanan yang sama, minuman dingin dan kue kering yang terhidang di meja. Semua juga kami (saya sendiri) jamu dan ajak berbincang.

Dari ketiga kelompok anak-anak itu, kelompok 2 dan 3 adalah kelompok anak-anak yang langsung angkat kaki dari rumah setelah tahu kalau kami tidak menyiapkan angpao dan setelah menghabiskan minum dan menyantap beberapa buah kue tentu saja😀. Ah, massiara anak-anak sekarang ternyata beda dengan massiara anak-anak kecil tahun 90an ^^

Tapi, berbeda dengan dua kelompok lainnya, kelompok 1 adalah kelompok anak yang lebih legowo menerima kenyataan bahwa ia tidak akan mendapatkan angpao dari kediaman kami, karena berbagi angpao bukanlah tradisi (rumah) kami ^^

Dengan tiga lelaki itu saya berhasil membangun chemistry *apa sih? Ketiganya masing-masing bernama Jumar (6 SD), Aditya (6 SD), dan Ikram (1 SMP). Saya bahkan bercerita tentang masa kecil saya dan teman-teman; bagaimana kebiasaan kami ketika massiara ke rumah orang lain. Aditya lalu menimpali bahwa ketika ke rumah orang lain haruslah sopan. Saya tersenyum kagum.

Lalu kemudian cerita kami berlanjut pada impian mereka ketika besar nanti. Jumar mengaku ingin jadi tentara. Aditya mengaku ingin menjadi seperti Jumar (tentara). Lalu Ikram beda lagi, ia mengaku ingin menjadi pemain sepak bola *tiba-tiba saya teringat seseorang. Ah, masa lalu😀

Mendengar sepak bola, semangat mengobrol saya dengan mereka semakin baik😀 ketiganya mengaku suka dengan olahraga bola. Mereka bercita-cita Agustus tahun ini harus bisa menjadikan sekolah mereka masing-masing pemenang lomba sepak bola.

“Lalu siapa club dan pemain bola kesukaan kalian?”

“Aku suka Ibrahim Movic.” Jawab Ikram bersemangat.

“Kalau aku suka MU.” Aditya tak mau kalah.

“Kalau aku suka Barca. Di sana ada Messi…” Sahut Jumar lantang.

“Lalu siapa negara favorit kalian?”

“Aku Argentina.” Aditya langsung menimpali.

“Aku Itali.” Jawab Jumar.

“Tapi Itali kemarin kalah ya. Kamu sedih nggak?” Saya menyahut menatap Jumar. Jumar hanya tersenyum.

“Kalau aku suka Jerman.” Ikram menyahut terakhir.

“Entar malam kan bakal ada Portugal lawan Wales. Kira-kira menang siapa?” Saya memancing obrolan semain seru.

“Portugal.” Sahut ketiganya hampir bersamaan.

“Kenapa?”

“Karena di Portugal ada Ronaldo.” Sahut Jumar.

“Hemm, skornya kira-kira bakal berapa nih Jumar?”

“3-0.” Jumar berkata penuh keyakinan.

“Kalau aku, 2-1.” Ikram memberikan prediksi yang berbeda.

“Okey. Kita tunggu saja nanti malam. Kira-kira prediksi mana yang benar, hehehe…”

Akhirnya ketiganya pamit setelah menikmati minuman dan beberapa buah kue. Berbeda dengan anak-anak yang lain, ketiganya terlihat enjoy dan tidak langsung angkat kaki ketika tahu kalau kami tidak menyiapkan angpao seperti yang sebagian besar anak-anak ‘asing’ inginkan. Ya asing, karena mereka tidak mengenal kami dan kami pun tidak mengenal mereka ^^

***

Well, salah satu kunci hubungan bisa berkembang dan awet adalah adanya persamaan. Semakin banyak persamaan dan kurangnya perbedaan, maka semakin cocok kalian. Jadi, kalau cari calon pasangan, maka carilah yang memiliki banyak kesamaan denganmu. Dan kesamaan yang paling mendasar adalah keyakinan ^^

Catatan:

Hasil pertandingan antara Portugal vs Wales adalah 2-0; perpaduan prediksi antara Jumar dan Ikram ^^

_Nurhudayanti Saleh_ (Wotu, hari Pertama dan Kedua Lebaran, 1-2 Syawal  1437 H. Hanya dengan lebaran bahasnya bola :D)

Tinggalkan Balasan

