Diposkan pada Akhlak dan Nasehat, Aqidah

Ceramah Ramadhan – Istimewanya Sedekah oleh Ustadz Aris Munandar

ceramah ramadhan

Sedekah yang paling istimewa adalah sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan. Sedekah menunjukkan benarnya iman dan yakinnya seseorang atas janji Allah bahwa sedekah adalah harta sesungguhnya yang dimiliki oleh seseorang sedangkan yang disimpan adalah harta orang lain (pewaris).

Harta ada tiga jenis yakni makanan, pakaian, dan sedekah. Makanan akan menjadi kotoran, pakaian akan menjadi rusak, sementara sedekah akan bermanfaat bagi pelakunya dan akan mengantarkan ke Surga.

Sedekah tidak mengurangi harta. Sebaliknya sedekah akan menambahkan nikmat. Ketika seseorang bersedekah, maka para malaikat akan berdoa atasnya; ya Allah berikanlah ganti bagi orang-orang yang bersedekah. Allah akan menggantikan dalam bentuk konkrit atau abstrak. Konkrit yakni berupa harta, bisnis lancar, proyek-proyek berdatangan. Abstrak yakni berupa keberkahan, meski kurang harta tapi manfaatnya tidak berkurang, kesehatan, pahala berlimpah, dsb.

Allah berfirman:

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah[2]: 261)

Contoh sedekah terbaik di bulan Ramadhan adalah memberikan buka (makanan) bagi yang berpuasa. Makanan yang diberikan adalah makanan yang mengenyangkan. Memberikan makan pada orang yang berpuasa adalah bentuk cerdas bersedekah karena termasuk amal jariyah.

Tentang amal jariyah, ada 7 amalan yang terus mengalir meski seseorang telah di dalam kubur:

  1. Mengajarkan Ilmu (menyebarkan ilmu),
  2. Mengalirkan air,
  3. Membuat sumur dan ia waqafkan,
  4. Menanam pohon dan ia waqafkan,
  5. Berperan dalam membangun masjid,
  6. Sedekah Al-Qur’an,
  7. Anak yang shalih.

(Al-Hadits)

_Nurhudayanti Saleh_ (@Masjid Pogung Dalangan, Jogja 09 Ramadhan 1437 H)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s