Akhlak dan Nasehat · Tips

Agar Ramadhan Berkualitas

Ramadhan

Ramadhan sudah di depan mata. Bagi orang-orang yang di dalam hatinya terdapat keimanan, maka Ramadhan ibarat kekasih yang akan kembali seteleh sekian lama pergi. Setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri dalam menyambut bulan yang suci ini. Ada yang sibuk hunting mukena untuk dipakai shalat tarawih, ada yang sibuk mengumpulkan resep-resep makanan, minuman, segala macam es untuk memeriahkan buka puasa, sahur, bahkan sampai untuk dijadikan dagangan. Ada juga yang sibuk menjadwalkan tarawih ke masjid-masjid keren sekaligus untuk selfi dan foto-foto, kemudian upload.

Sejatinya, setiap muslim pasti menginginkan agar Ramadhannya berkualitas, bukan sekedar tentang menahan lapar dan haus. Setiap muslim menginginkan agar Ramadhannya benar-benar menjadi wadah meraup pahala sebanyak-banyaknya di sisi Allah Ta’ala. Nah, jika demikian, apakah cara-cara di atas telah tepat? Atau ternyata masih perlu untuk dibenahi?

Jawabannya, menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita tentulah tidak terlarang. Membeli mukena baru dengan niat ibadah, mengistimewakan Ramadhan, agar shalat lebih khusyuk, maka tidak mengapa. Mengumpulkan resep makan dengan harapan puasa bisa lebih bersemangat, maka tidak mengapa. Selama niatnya tidak bertentangan dengan syari’at dan niat utamanya karena Allah Subhanahu wata’ala maka tidak mengapa.

Tapi, tentu saja ada hal yang lebih penting dari itu semua. Ada hal yang lebih manjur agar pahala bisa kita kumpulkan secara maksimal di bulan Ramadhan, yakni banyak melakukan amal shalih seperti membaca Al-Qur’an, shalat tarawih, shalat tahajjud, shalat dhuha, shalat sunnah rawatib, membaca buku, berdzikir, berinfak, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips agar hari-hari kita di bulan Ramadhan lebih berkualitas dan jauh dari perkara yang sia-sia. Yuk, disimak ya, jika perlu dicatat agar tidak lupa.

  1. Membaca Al-Qur’an setiap selesai shalat wajib. Jumlahnya tergantung. Jika ingin maksimal, maka bacalah 1 juz setiap selesai shalat. Selain pahalanya berlipat juga memungkinkan kita untuk khatam lebih dari sekali selama bulan Ramadhan. In syaa Allah bisa! Toh, kita bisa menamatkan sebuah buku dengan jumlah halaman ratusan hanya dalam semalam bukan.
  2. Merutinkan shalat sunnah di antaranya shalat tarawih, shalat tahajjud, shalat dhuha, dan shalat sunnah rawatib.
  3. Merutinkan dzikir pagi dan petang agar Allah senantiasa menjaga puasa kita di waktu pagi dan sore hari.
  4. Membaca buku agama dan menuliskan poin-poin pentingnya.
  5. Menulis ceramah shalat tarawih dan shalat subuh. Kemudian mengetikanya dengan rapi lalu bagikan pada yang lain lewat sosial media. Selain dapat pahala karena menulis ilmu, kita juga bisa dapat pahala karena berbagi ilmu dan tidak menutup kemungkinan kita juga akan mendapatkan pahala jariyah bagi mereka yang mengamalkan ilmu yang telah kita bagikan. Hal ini juga berlaku pada poin 4. Wah, luar biasa bukan?
  6. Berinfaq setiap hari. Kita bisa buat program sendri seperti lima ribu perhari, sepuluh ribu perhari, atau program lainnya yang bisa memotivasi kita untuk selalu ingat untuk berinfaq.
  7. Menghadiri majelis ilmu seperti kajian buka bersama dan lain sebagainya.
  8. Mendengarkan rekaman ceramah dan murattal.
  9. Menghafalkan Al-Qur’an sedikit demi sedikit.

Bagaimana? Sudah siap memperbanyak amal shalih di bulan nan suci? Jangan lupa niatkan semua amal shalih kita ikhlas karena Allah.

Terakhir, mari berdoa semoga Allah mempertemukan kita dengan Ramadhan dan semoga kita istiqamah di dalamnya. Aamin ya Rabbal ‘Aalamin.

_Nurhudayanti Saleh_ (Jogja, 25/05/2016. Sebulan lagi pulang)

Catatan:

Salah satu kunci keberhasilan istiqamah dalam beramal shalih adalah mencatat dan menjadwal agenda (amal shalih) Ramadhan beserta target-target pribadi selama sebulan penuh. Dan, yang tak kalah pentingnya adalah menjauhkan diri dari perkara sia-sia seperti chating, browsing, watching atau ngumpul-ngumpul yang nggak penting! ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s