Akhlak dan Nasehat

Tingkatan Puasa

kutipan

Salah satu sifat Allah adalah al-Hakim yakni Penuh Hikmah dan Al-Ghanim yakni Maha Kaya. Jika kita memperhatikan dua sifat tersebut, maka kita akan mengetahui dengan jelas bahwa apa-apa yang diperintahkan Allah kepada hamba-Nya pastilah mengandung hikmah yakni kebaikan. Dan kebaikan tersebut bukanlah untuk Allah karena Allah Maha Kaya tidak membutuhkan apapun, tapi semata-mata untuk hamba itu sendiri.

Salah satu syariat Allah adalah wajibnya berpuasa. Hikmah puasa sangatlah banyak, salah satunya adalah menjadikan seorang hamba semakin takwa kepada Allah sebagaimana yang tertuang dalam Q.S. Al-Baqarah[2]: 183. Hikmah yang lain yakni sebagai pembinaan jiwa, dalam hal ini menjauhi perkara-perkara yang tercela, seperti perkataan keji, dusta, dan lain sebagainya.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengannya maka tidak ada bagi Allah kepentingan terhadap meninggalkan makan dan minumnya (Allah tidak memerlukan puasa orang tersebut).” (H.R. Al-Bukhari)

Tingkatan orang berpuasa ada tiga:

  1. Puasa orang awam, yakni yang meninggalkan makan, minum, dan syahwat.
  2. Puasa orang yang khusus, yakni meninggalkan makan, minum, syahwat, dan menjaga amal perbuatannya.
  3. Puasa orang yang spesial, yakni meninggalkan makan, minum, syahwat, menjaga amal perbuatan, dan mengekang hatinya dari hasrat-hasrat rendah (hasrat-hasrat duniawi).

Karenanya, semoga puasa kita tidak sekedar puasa orang awam tapi termasuk puasa orang-orang shalih yakni menyibukkan dirinya pada kebaikan-kebaikan dan amal shalih. Semoga Allah senantiasa membuat kita istiqamah, dan semoga Ramadhan ini menjadi wadah perubahan ke arah yang lebih baik bagi diri kita.

Wallahua’lam.

_Jogja, 3 Ramadhan 1436 H, Ust. Abu Ayyub @MasjidPogungDalangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s