Akhlak dan Nasehat

Meraih Gelar Sarjana Takwa

kutipan

Terdapat sebuah kampus. Di dalamnya yang kuliah bukan hanya mahasiswa tapi semua kalangan; ibu-ibu, bapak-apak, nenek-nenek, kakek-kakek, anak-anak. Dari kampus inilah akan lahir ST, bukan Sarjana Teknik tapi Sarjana Takwa.

Yang namanya kampus tentu punya banyak ujian. Begitu pula dengan kampus yang satu ini. Untuk mendapatkan gelar ST (red; Sarjana Takwa) haruslah melewati banyak ujian, yakni ujian ketaatan kepada Allah. Dan kampus tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah bulan Ramadhan, bulan yang kita sedang berada di dalamnya.

Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.s. Al-Baqarah[2]: 183)

“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.” (Q.s. Al-Hujaraat[49]: 13)

Lalu bagaiman cara kita meraih gelar ST?

Caranya dengan senantiasa melakukan amal shalih sebanyak-banyaknya; shalat, membaca Al-Qur’an, bersedekah, dan masih banyak lagi. Melakukannya dengan semangat yang luar biasa. Mengutip pepatah Jawa yang artinya; Hai Nak, panjatlah pohon itu meski batangnya licin, agar engkau bisa mendapatkan buahnya. Maka untuk mendapatkan gelar takwa, kita harus terus beramal shalih meski ujiannya begitu berat dan banyak, agar di akhir kita mendapatkan buahnya, yakni gelar takwa di sisi Allah Ta’ala.

Nah, 1 Ramadhan telah berlalu, sudah berapa banyak amal kebaikan yang kita lakukan? Jangan buang waktu! In syaa Allah belum terlambat untuk mengejar dan memperbaiki hari ini dan beberapa hari berikutnya sampai di akhir Ramadhan.

Satu kutipan sebelum menutup nasehat kali ini:

Kerugian yang paling menyengsarakan adalah ketika kita tahu begitu banyak (macam) amal kebaikan, tapi tidak satupun yang kita lakukan.

Kesengsaran yang paling merugikan adalah ketika kita tahu Surga itu amat luas, namun kita tidak mendapatkan tempat meski hanya setapak.

Wallahua’lam.

_Jogja, 2 Ramadhan 1436 H, Erlan Iskandar (Takmir MPD) @MasjidPogungDalangan_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s