Akhlak dan Nasehat

Pria Idaman

lelaki-soleh

Setiap wanita, baik yang sudah menikah maupun yang belum, masing-masing memiliki kriteria pria idaman. Namun tentu saja, pria yang menjadi jodoh seorang wanita tidak selalu sesuai dengan harapan. Adakalanya si wanita menginginkan pria berkulit putih, tapi yang menjadi jodohnya adalah pria yang berkulit hitam.

Realita tersebut menyadarkan kita bahwa tidak selalu apa yang kita anggap baik, baik pula di sisi Allah. Dan apa yang kita anggap buruk, belum tentu buruk di sisi Allah. Allah zat yang Maha Tahu, tak ada keraguan pada sisi-Nya. Allah-lah yang menetapkan pria idaman untuk setiap wanita.

Lalu, bagaimanakah kriteria pria idaman di sisi Allah? Apakah dilihat dari warna kulitnya? Atau dari tinggi tubuhnya? Allah pun menjawab pertanyaan itu dengan tegas dan jelas dalam surat Al-Ahzab [33] ayat ke-35.

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang jujur, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang menjaga kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Ada 10 kriteria seorang pria idaman dipandang dari sisi Allah Ta’ala, yakni:

Muslim dan Mukmin

Hal pertama yang menjadi syarat pria idaman adalah muslim dan mukmin. Dua hal inilah yang menjadi pokok utama dalam diri seseorang. Semua amal kebaikan lainnya lahir dari dua pekara ini. Karenanya dalam memilih pria idaman sebagai calon pendamping hidup, yang harus menjadi penilaian pertama dan utama adalah perkara agamanya, apakah ia muslim atau tidak. Kemudian barulah melihat perkara lainnya seperti pekerjaan dan fisiknya.

Allah berfirman:

“…dan tidak mengambil menjadi teman yang setia selain Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman.” (Q.s. At-Taubah: 16)

Taat

Kriteria ketiga setelah muslim dan mukmin adalah taat, yakni taat dan patuh hanya kepada Allah. Ketaatan seorang pria tentu mampu membawa kebaikan ke dalam keluarganya.

Jujur

Bukan sekedar jujur kepada manusia namun kepada Allah. Ketika seseorang telah mampu jujur kepada Allah, maka sudah tentu ia akan jujur pada manusia termasuk pada pasangan hidup mereka.

Sabar

Seseorang yang memiliki hati yang luas, sehingga ketika ditimpa musibah, ia tidak akan mengeluh dan putus asa.

Khusyuk

Seseorang yang tenang, tidak terburu-buru. Tenang dalam menghadapi masalah dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Suka Bersedekah

Seseorang yang senang memberi. Jika ia senang memberi kepada orang lain, maka in syaa Allah ia akan lebih senang memberi pada keluarganya, dalam hal ini mencukupi kebutuhan keluarga.

Suka Berpuasa

Sejatinya puasa bagian dari kesabaran. Salah satu tanda bahwa seseorang itu memiliki sifat sabar adalah ia gemar melaksanakan puasa wajib maupun sunnah.

Menjaga Kehormatan

Seseorang yang senantiasa menjauhi perkara yang mengantarkan dirinya ke dalam perzinahan dan perbuatan tercela.

Berzikir Kepada Allah

Kriteria terakhir adalah seseorang yang senantiasa mengingat Allah, salah satunya dengan rutin/rajin menuntut ilmu agama.

Itulah 10 sifat yang harus ada pada diri seorang pria jika ingin menjadi pria idaman. Itu pula 10 sifat yang harusnya dicari oleh para wanita ketika akan menikah dan mengingikan pendamping hidup yang membawa kebaikan untuk dirinya dan keluarganya, untuk dunianya terlebih lagi untuk akhiratnya.

Dan ketika (seorang pria) bertanya; lalu seperti apa kriteria wanita idaman di sisi Allah? Jawabannya, tak ada bedanya! Ketika seorang wanita memiliki kesepuluh kriteria tersebut, maka dialah wanita idaman itu.

Wallahu’alam.

Refrensi:

– Al-qur’an dan Terjemahan

– Rekaman kajian Radio Rodja Ust. Dzulkarnaen; Kriteria Seorang Muslim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s