Aqidah

Hukum Mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah

Saudaraku yang mencintai Allah dan semoga dicintai oleh Allah, tak bosan-bosannya kami membagikan nasehat untuk kita semua dalam rangka beribadah kepada Allah dan berdakwah di atas jalan-Nya yang lurus.

Malam ini tak sedikit dari kita yang mendapat ucapan selamat tahun baru hijriyah, dan tidak sedikit pula kitalah yang mengirim dan menuliskan ucapan tersebut. Lalu, sudahkah kita (mau) mencari tentang kebenaran amalan tersebut? Sudahkah amalan tersebut sesuai dengan tuntunan Rasulullah? Bukankah Allah berfirman:

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya.” (QS. Al-Israa: 36)

Saudaraku yang berhati lembut, sesungguhnya memperingati tahun baru (baik Hijriyah apatah lagi selainnya) adalah sesuatu yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabat. Tidak pula dicontohkan oleh para ulama salaf. Itu berarti mengucapkan dan menuliskan kalimat selamat juga tidak ada tuntunannya dari Rasulullah. Begitu juga dengan hal-hal yang bersifat mengkhususkan di hari tersebut, seperti muhasabah, doa bersama, maaf-maafan, dan lain sebagainya.

Mungkin ada yang berdalih; tapi kan semua itu baik.
Maka kami menjawab; Ya, semua memang baik, tapi itu menurut ukuran kita (nafsu kita) bukan menurut ukuran Allah dan Rasul-Nya. Telah kita ketahui bersama bahwa amalan ibadah hanya akan diterima dengan 2 syarat, yakni ikhlas karena Allah dan i’tiba Rasulullah (mengikuti Rasulullah)

Saudaraku, semoga kita tidak terjatuh dalam perkara yang sia-sia bahkan dosa. Dan semoga firman Allah ini mencukupkan nasehat kami malam ini:

“Katakanlah: Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya? Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (QS. Al-Kahfi: 103-104).

Wallahua’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s