Akhlak dan Nasehat · My Diary

Kematian

Mati-Medis

Malam ini, di tengah perasaan sedikit demam dan batuk, saya tak sengaja menemukan kabar kepergian seorang sahabat. Kutemukan kabar duka itu terselip di deretan wall seorang kawan jaman kuliah dulu.

Dia telah mendahului kita menuju alam penantian yang lain yakni alam kubur di bulan Juni kemarin. Dia teman yang dulu cukup dekat karena sama-sama berasal dari satu daerah dan masih memiliki hubungan kekerabatan. Yang saya ingat, terakhir kali berkomunikasi dengannya ketika saya masih menginjak semester 3 atau 4, 7-6 tahun lalu.

Terkejut? Tentu saja. Tapi jika ditanya percaya atau tidak? Maka tentu saja percaya karena kematian adalah sesuatu yang pasti, tak ada keraguan tentang yang satu ini. Kematian tidak pernah memilih apakah seseorang masih muda atau sudah tua. Kematian tidak pernah memilih kita sudah siap atau belum siap. Kematian tidak pernah memilih timbangan kebaikan kita sudah berat atau masih ringan. Ya, kematian tidak pernah memilih.

Karenanya, kabar kematian haruslah menjadi cambuk untuk kita semua. Menjadi sentilan keras untuk menyadarkan kita dari segala maksiat dan kelalaian yang masih terus kita laksanakan hingga detik ini. Menjadi nasehat terbaik bahwa kita suatu hari entah itu di mana dan kapan pasti (juga) akan menemui kematian.

Saudaraku, tidak perlu lagi kita menunggu untuk berbuat baik. Tak perlu lagi kita menunda melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya. Saat ini waktunya kita berbenah diri, memperbaiki diri, merenung dan bertobbat. Sehingga, ketika kematian datang menemui kita, kita sudah menjadi orang-orang yang siap.

Cukuplah firman Allah menutup segala nasehat malam ini.
“Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di Bumi mana ia akan mati.” (QS. Lukman: 34).

_Jogja, 15 Oktober 2014_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s