Tips

Sebab Naskah Kamu Ditolak

Oke, kita masuk ke tujuan artikel ini dibuat. Karena pengalamanku yang satu ini, aku jadi tau alasan-alasan naskah ditolak. Mau tau? simak uraian berikut ini:

1. Naskah kamu nggak nyambung

Contohnya gini: Misalnya di naskah kamu ceritanya: Perusahaan ayah mau bangkrut tapi ayah tetap mentraktir jalan-jalan ke mall. Ini nggak nyambung banget padahal ayahnya mau bangkrut tapi tetap ngabisin duit.

2. Permasalahan Terlalu Banyak

Misalnya: di naskah kamu tokohnya bernama Sinta. Sinta ini adalah anak orang miskin. Sudah miskin, dia dibenci. Tiba-tiba orangtuanya meninggal dan dia sakit kanker. Ini terlalu berbelit-belit atau bahasa yang mudahnya “Permasalahan Terlalu Banyak”

3. Alur Nggak Sesuai

Misalnya nih kamu buat naskah tentang seorang anak yang ayahnya dipindahin ke luar kota jadi anak itu ikut ayahnya. Nah, tapi, anak itu lagi ujian sementara ayahnya udah mepet mau pindah. Itu namanya alur nggak sesuai. Alur nggak sesuai ini juga sering menjadi permasalahan naskah ditolak

4. Cerita Nggak Menarik

Cerita nggak menarik atau udah pasaran, jangan harap diterima oleh penerbit! Cerita yang udah nggak menarik, langsung ditolak sama penerbit.

5. Penggabungan Kata-kata tidak sesuai

Kalau tanda seru yang tidak tepat mungkin masih bisa diselesaikan oleh penerbit tapi kalau penggabungan kata2 yang tidak sesuai mungkin menjadi pertimbangan penerbit agar naskah kamu ditolak. Penggabungan kata-kata jangan kamu remehkan karena bisa-bisa karena penggabungan kata2 yang tidak sesuai itu membuat naskah kamu tidak diterima.

Nah, itu saja hal-hal yang menyebabkan naskah ditolak. Mungkin ada yang bisa menambahkan? Silahkan kamu tambahkan di kotak komentar.

#oleh: Farras Salsabiila

http://coratcoret-farras.blogspot.com/2012/06/hal-yang-menyebabkan-naskah-ditolak.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s