Diposkan pada Media

Cara Mengirim Naskah ke Penerbit Erlangga

Kriteria naskah:

1. Naskah harus merupakan karya asli
2. Belum pernah dipublikasikan penerbit lain.
3. Memiliki jalan cerita yang menarik.
4. Naskah ditulis dengan rapi (logis dan sistematis).
5. Memiliki peluang pasar yang baik.
6. Tidak menimbulkan kontroversi, terutama berhubungan dengan moral dan agama.
7. Tidak merupakan karya plagiat/pelanggaran hak cipta
8. Lengkapi dengan sinopsis
9. Sertakan kelebihan dan kekurangan naskah yang Anda miliki dibandingkan dengan buku-buku bertema serupa yang sudah beredar di pasar.

Prosedur Pengajuan Naskah:

Jika naskah telah memenuhi kriteria di atas. Kirimkan naskah Anda dengan prosedur sbb:

Kirim naskah Anda (lengkap) berupa print out atau dalam bentuk CD ke:
1. Departemen Editorial Penerbit Erlangga,
Jl. H. Baping No. 100, Ciracas
Jakarta Timur 13720
U.p.: Maya Yulianti/ Fikri Somyadewi.

Atau

Ke alamat email: naskah@erlangga.co.idnaskah@erlangga.co.id

2. Sertakan informasi sbb:
• Surat pengantar.
• CV (Daftar Riwayat Hidup) dengan alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi.

Jika dalam waktu 3 bulan tidak ada konfirmasi dari pihak Penerbit Erlangga, maka naskah tersebut tidak lolos seleksi penerbitan.

Apabila naskah layak terbit, kami akan memberikan kabar via surat dan telepon, dan dilanjutkan dengan pengajuan pembayaran.

20 tanggapan untuk “Cara Mengirim Naskah ke Penerbit Erlangga

  1. Saya mau tanya, tadi diatas dijelaskan kalau naskah diterima dan layak terbit lanjut ke pengajuan pembayaran. Maksudnya pengajuan pembayaran itu bagaimana? Apa itu maksudnya kita dipasang tarif untuk menerbitkan karya kita tersebut? Terima kasih

    Suka

    1. Setahu saya, penerbit Erlangga adalah penerbit mayor sehingga penulis tidak dimintai biaya ketika akan diterbitkan bukunya oleh penerbit Erlangga.

      Jadi, menurut saya, pengajuan pembayaran di sini adalah memilih sistem pembayaran yang kita inginkan sebagai penulis. Ada yang sistemnya royalti ada juga yang beli putus, atau ada yang lainnya.

      Intinya ketika naskah kita lolos seleksi dan siap diterbitkan tentu akan ada surat kerja sama hitam di atas putih. Silakan surat tersebut dibaca dengan seksama.

      Semoga bermanfaat ^^

      Suka

  2. Selamat malam mbak,saya mau menerbitkan buku bahasa Inggris tentang bagaimana belajar Bhs Inggris dengan benar, dengan Judul Let’s Study Inggris. saya kirim lewat aja gmn? mohon jawabannya.terima kasih. (Hikmahwati) Email :hikmahwatifauzi@gmail.com

    Suka

    1. Salah satunya bisa. Atau keduanya juga bisa bila kurag yakin. Cuma, biasanya beberapa penerbit akan mendahulukan membaca naskah yang dikirim dengan print out daripada lewat email, alasannya lebih enak dibaca 😀

      Suka

    1. Silakan dicoba buk, tapi dengan catatan kontrak dengan penerbit dee berkaitan dengan buku tersebut sudah selesai. Atau jika belum selesai, maka silakan diselesaikan/diputus terlebih dahulu sesuai prosedur penerbit dee ^^

      Suka

Tinggalkan komentar