Akhlak dan Nasehat · My Diary

Apa yang Kalian Lakukan Wahai Para Pemuda?

Memasuki masjid kampus UNHAS yang telah dipenuhi para akhwat, aku menengok ke kanan dan ke kiri mencari tempat untuk duduk. Nah saat itulah aku menangkap kelompok ibu-ibu di salah satu sudut masjid. Ah, bukan ibu-ibu, tapi nenek-nenek. Jika kutaksir, usia mereka sama dengan usia nenekku. Subhanallah, aku tergugah. Mereka yang sudah begitu renta punya semangat yang tak kalah membara oleh para anak-anak muda yang hadir. Penampilannya pun tak ada beda denganku, jilbab mereka sama besarnya dengan jilbabku, dengan jilbab para akhwat yang hadir memenuhi masjid.

Saat itu aku tiba-tiba teringat dengan seorang laki-laki tua yang berjalan di depan kantor Al-Insan. Kala itu adzan shalat Jumat tengah berkumandang. Laki-laki tua itu menuju masjid dengan penuh semangat dan tongkat di tangan. Ya, laki-laki tua itu buta. Dia buta tapi hatinya tidak.

Lalu bagaimana denganmu wahai para pemuda? Wahai para pewaris agama? Apa yang kalian lakukan saat sekumpulan nenek-nenek itu sibuk bermajelis menuntun ilmu agama? Apa yang kalian lakukan saat kakek yang buta berangkat ke masjid untuk shalat berjama’ah? Tidakkah kalian malu? Bertubuh bugar, tapi malas menuntut ilmu agama, tapi malas beribadah. Apa kalian merasa terlalu sibuk? Sesibuk apa?Apakah sesibuk Khalifah Umar bin Khattab yang ketika malam tiba beliau masih berjalan mencari warganya yang kelaparan? Atau sesibuk Zaid yang memimpin sebuah peperangan? Padahal sesibuk apapaun mereka, mereka tetap menuntut ilmu dan beribadah kepada Allah.

Sayangnya, banyak dari kita sibuk menggemukkan dunia lantas lupa dengan akhirat. Sibuk memenuhi rumah-rumah kita dengan harta benda dan lupa dengan akhirat, padahal manakah yang kekal, dunia atau akhirat? ^_^

(Makassar, 17 Juni 2013)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s