Akhlak dan Nasehat

Takwa kepada Allah (Pelipur Lara)

“…Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya dan Dia memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertwakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya…” (At-Talaq: 2-3)

“…Dan barang siapa yang bertawa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya.” (At-Talaq: 4)

Dini hari tadi pemerintah telah resmi menaikkan harga BBM. Sebelumnya, pun hingga detik ini saya berfikir, bagaimana nasib orang kecil di luar sana? Nasib mereka yang tadinya makan sekali sehari saja susah?

Jika ditanya setujukah saya dengan keputusan pemerintah, jawabannya tentu tidak. Lalu jika ditanya solusinya? Solusinya hanya satu kembali ke Al-qur’an dan hadits, jadikan dua pedoman ini untuk mengatur Negara, maka insya Allah semua masyarakat akan sejahtera, seperti sejahteranya masyarakat ketika dipimpin oleh Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasallam. Lalu bagaimana mewujudkannya? Mewujudkannya dengan mencontoh metode Rasulullah tentu, melakukan apa yang dilakukan oleh Rasulullah dahulu.

Kembali ke masalah awal, masalah naiknya harga BBM. Tentu banyak orang yang akan mengeluh. BBM tidak naik saja mereka sudah begitu kesusahan mencari nafkah apatah lagi jika sudah naik. Tidak menutup kemungkinan dampak kenaikan BBM bisa menambah jumlah penghuni Rumah Sakit Jiwa, mereka stress lalu menjadi gila memikirkan hidup mereka yang semakin terhimpit. Atau malah ada yang akhirnya memilih jalan pintas agar bisa tetap bertahan, halal haram kini tak ada lagi beda di mata mereka.

Saudaraku, nasi telah menjadi bubur. Harga BBM telah naik tanpa bisa kita cegah lagi. Kepala kita mungkin sekarang tengah pusing, mumet, dan hampir meletus. Tapi jangan khawatir sadaraku karena Allah telah memberi solusi terbaik untuk kita yaitu bertakwa. Ya, bertakwa kepada-Nya, hanya pada-Nya.

Allah berfirman:

“…Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya dan Dia memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertwakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya…” (At-Talaq: 2-3)

“…Dan barang siapa yang bertawa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya.” (At-Talaq: 4)

Apa kita masih ragu? Seharusnya tidak. Allah adalah Zat yang Mahabesar, Mahaperkasa, Dia bisa menciptakan langit dan bumi, Dia bisa mematikan yang hidup dan menghipdukan yang mati, apatah lagi hanya sekedar memberi kita rezki. Hal ini tentu sangat mudah bagi Allah.

Pernahkah kita melihat seekor burung terbang membawa berkas-berkas untuk mendaftar pekerjaan di sebuah perusahaan? Jawabannya tentu tidak pernah. Tapi lihatlah kembali, seekor burung, ketika dia meninggalkan sarangnya dengan perut yang kosong, maka dia akan pulang dengan perut yang kenyang bahkan ia mebawa makanan untuk anak-anaknya. Siapakah yang memberi burung tersebut rezki? Allah. Apatah lagi kita yang berusaha, berkerja keras, Allah tentu akan memberikan kita rezki melebihi burung tersebut.

Sebuah kisah, seorang laki-laki sedang berada di toko daging. Kemudian ia melihat seekor kucing mengambil sisa-sisa daging yang tergeletak di tanah kemudian pergi membawa daging itu di mulutnya. Laki-laki itu penasaran ke mana gerangan kucing itu akan membawa daging tersebut. Laki-laki itu pun mengikuti diam-diam. Kucing itu ternyata membawa daging tersebut di depan sebuah lubang di bawah pohon kemudian meninggalkannya begitu saja. Laki-laki itu keheranan, tapi hanya sebentar karena rasa hernannya terjawab saat seekor ular yang buta keluar dari lubang tersebut dan memakan daging tadi.

Subhanallah. Masihkah kita ragu kepada Allah? Ular yang buta saja, yang tidak bisa berbuat apa-apa Allah berikan rezki apatah lagi kita yang mau berusaha. Intinya hanya berusaha dan bertakwa kepada Allah sadaraku. Cukuplah kita berusaha dan bertakwa, yakin Allah akan menolong kita. Allah akan menolong kita.

“…Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya dan Dia memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertwakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya…” (At-Talaq: 2-3).

“…Dan barang siapa yang bertawa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya.” (At-Talaq: 4).

Bertakwalah saudaraku, maka semua masalah akan terasa ringan karena kita punya sang Mahakuat ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s