Posted in Akhlak dan Nasehat

Ringkasan Materi Tarbiyah Gabungan Takwiniyah (Pertemuan Pertama/Tgl. 11-06-2013)

–          Jagalah shalat dengan shalat tepat pada waktunya, penuhi rukun-rukunnya karena yang pertama ditanyakan oleh Allah di akhirat adalah shalat. Shalat adalah cahaya.

–          Wanita diperintahkan berhijab. Hijab adalah kemuliaan, maka patutlah kita merasa bangga. Hijab melindungi kita. Berhijablah karena Allah dan Rasulullah. Hijab adalah bentuk kepatuhan kita kepada Allah.

–          Salah satu hal yang penting dalam Islam adalah akhlak yang terpuji. Jadilah wanita yang berakhlak terpuji karena di akhirat kelak majelis yang paling dekat dengan Rasulullah adalah majelis orang-orang yang berakhlak mulia.

–          Ibadah yang sangat besar, agung, dan mulia ialah berdakwah. Allah berfirman:

“Ajaklah mereka kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah…”

Manfaatkan semua potensi untuk berdakwah.

–          Sungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu. Siapa yang menuntut satu jalan (agama), maka Allah mudahkan jalannya menuju Syurga. Derjatnya diangkat. Menuntut ilmu lalu menyebarkannya.

–          Hendaknya kita hidup dengan Al-qur’an. Al-qur’an adalah cahaya, petunjuk, obat bagi para muslim. Ketika kita kembali pada Al-qur’an maka kita mendapatkan banyak pelajaran. Di dalamnya banyak terdapat kisah yang penuh hikmah.

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-qur’an dan megamalkannya (mengajarkannya).”

Bacalah Al-qur’an dengan sebenar-benarnya bacaan.

–          Pintu-pintu kebaikan itu banyak. Maka bersungguh-sungguhah untuk melakukan yang wajib dan yang sunnah. Salah satu yang terpeting adalah sadaqah.

–          Dunia ini adalah negeri ujian. Allah menguji siapa yang paling baik akhlaknya. Maka dari itu jadilah kita menara-menara kabaikan, yang bersungguh-sungguh dan bersegera dalam kebaikan. Setiap kita akan mati, pada saat itu tak ada lagi yang bisa kita lakukan kecuali mengandalkan kebaikan yang kita lakukan selama di dunia.

Iklan

Penulis:

Seorang pendidik yang gemar menulis ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s