Diposkan pada Media

Satu Langkah Sebelum Mengirim Naskah oleh Grasindo Publisher

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada Grasindo Publisher, berkaitan dengan pengiriman naskah, penerbitan buku, dan semacamnya. Secara sekilas, akan kami bentangkan supaya teman-teman semua memperoleh informasi, dan bersemangat untuk menulis.

Q: Saya mau menerbitkan buku, bagaimana prosesnya?

A: Prosesnya secara singkat adalah: penulis mengirim naskah/tulisannya ke penerbit, naskah diseleksi oleh editor, editor dan penulis bekerjasama hingga naskah jadi buku, naskah dipasarkan ke pembaca-pembaca.

Q: Apakah naskah saya bisa diterbitkan?

A: Tergantung proses seleksi. Tim editorlah yang akan menyeleksi naskah Anda. Ada banyak faktor yang dipertimbangkan dalam seleksi tersebut, tapi biasanya dapat disederhanakan menjadi dua saja.

Q: Dua faktor itu apa saja?

A: Dua faktor itu adalah: (1) apakah materi naskah itu baik, pantas, informatif, (2) apakah buku itu mampu kita jual. Jadi, dengan kata lain, bikin buku boleh idealis, tapi tetap harus memperhatikan unsur marketable.

Q: Hmmm, contohnya?

A: Okay, ada buku yang bagus tapi secara market susah. Misalnya, ada naskah Keunggulan Hamster Zimbabwe. Mungkin, naskah itu ditulis oleh ahli hewan yang mumpuni, dilengkapi data-data akurat dan ilmiah, serta laporan detail, sehingga kita tidak bisa memungkiri bahwa penulis ini memang hebat. Tetapi, dari segi market, kita akan melihat bahwa ternyata penggemar hamster tidak banyak, hamster Zimbabwe harus didatangkan dulu dari sana. Sebaliknya, bisa jadi naskah yang diperkirakan akan laku, tidak memiliki kelayakan secara isi. Misalnya, boleh jadi ada naskah dari artis terkenal, tapi isinya provokatif ke hal-hal negatif.

Q: Kenapa sih pake rumit segala?

A: Lhoh, tidak rumit kok, prosesnya kan jelas. Sebagai publisher, tentu kita memperhatikan kualitas, sekaligus menjaga supaya buku-buku itu benar-benar dibaca. Bayangkan, buku-buku itu dibuat dari kertas-kertas yang tak lain merupakan pohon-pohon yang tidak boleh asal ditebang kan. Jika asal-asalan menerbitkan buku-buku secara masif, akhirnya hanya menumpuk di gudang, alangkah kasihannya bumi. 🙂 Think green, dong.

Q: Hmm, intinya hanya buku yang laku saja yang diterbitkan?

A: Siapa bilang. Hehe, tentu kita punya pemecahan untuk buku-buku yang sangat segmented. Untuk beberapa judul, kita menjalin kerjasama dengan sponsor, berupa yayasan, institusi, korporasi, atau perusahaan tertentu. Dengan sokongan dari mereka, kita bisa mencetak dan mendistribusikan ke pasar-pasar yang jelas. Biasanya, penulis sudah aktif menggandeng sponsor tertentu. Atau, bisa jadi, tim Grasindo ikut mencari sponsor.

Q: Yaa, that’s great! Ada persyaratan khusus pengiriman naskah?

A: Haha, enggak. Simpel saja. Silakan kirim naskahmu, boleh hardcopy atau softcopy ke alamat Grasindo (ada di profile info), atau via email ke: ariobimo@gramediapublishers.com, adinto.fajar@gramediapublishers.com. Kirim dengan format yang jelas dan mudah dibaca. Selain itu, sertakan pula tulisan/proposal, berisi: (1) siapa pembaca buku saya nanti, (2) mengapa buku saya layak diterbitkan, dll.

Ingat, Grasindo Publisher merupakan penerbit buku-buku beragam, baik buku pelajaran, buku umum, novel, referensi, parenting, dan lain-lain. Sebelum mengirim, pastikan Anda sendiri sudah menguasai naskah Anda tersebut.

***

dikutip dari http://www.facebook.com/notes/grasindo-publisher/satu-langkah-sebelum-mengirim-naskah/154356421310053

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s