Kuliner

Kapurung

Nama daerah mana tuh? Mungkin pertanyaan inilah yang perkapurung01tama kali muncul saat membaca kata ‘Kapurung’. Bukan, bukan. Ini bukan nama daerah tapi nama makanan di daerah saya.

Makanan ini terbuat dari sagu. Kalau di Papua biasa disebut dengan Papeda. Tapi Kapurung dan Papeda jelas beda. Kalau Papeda dimakannya gitu aja, gak ada campuran apa-apa, just sagu yang udah di ubah jadi mirip saus, tapi ini kental banget.

Nah kalau kapurung, s6688509571_82a233ec2d_zelain ada sagu juga ada sayuran dan bumbunya. Kadang juga ditambahi ikan atau daging ayam. Bumbunya nggak ribet kok, cuma butuh garam, cabe rawit, tomat, patikala (torch ginger fruit), jeruk nipis, dan kacang jika suka. Biasanya warga di daerahku lebih suka Kapurung yang pedas. Nah, sayurnya biasaya sayur bayam, ada juga yang biasnaya nambahin dengan jagung. Rasanya tentu udah kebayang, asem-asem gimana gitu. Hem …, pokoknya bikin ngiler banget dan bikin liur meleleh deh😀

Gimana? Tertarik untuk mencoba makanan khas yang satu ini?

8 thoughts on “Kapurung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s