Ringkasan Materi Tarbiyah Gabungan Takwiniyah (Pertemuan Pertama/Tgl. 11-06-2013)

-          Jagalah shalat dengan shalat tepat pada waktunya, penuhi rukun-rukunnya karena yang pertama ditanyakan oleh Allah di akhirat adalah shalat. Shalat adalah cahaya.

-          Wanita diperintahkan berhijab. Hijab adalah kemuliaan, maka patutlah kita merasa bangga. Hijab melindungi kita. Berhijablah karena Allah dan Rasulullah. Hijab adalah bentuk kepatuhan kita kepada Allah.

-          Salah satu hal yang penting dalam Islam adalah akhlak yang terpuji. Jadilah wanita yang berakhlak terpuji karena di akhirat kelak majelis yang paling dekat dengan Rasulullah adalah majelis orang-orang yang berakhlak mulia.

-          Ibadah yang sangat besar, agung, dan mulia ialah berdakwah. Allah berfirman:

“Ajaklah mereka kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah…”

Manfaatkan semua potensi untuk berdakwah.

-          Sungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu. Siapa yang menuntut satu jalan (agama), maka Allah mudahkan jalannya menuju Syurga. Derjatnya diangkat. Menuntut ilmu lalu menyebarkannya.

-          Hendaknya kita hidup dengan Al-qur’an. Al-qur’an adalah cahaya, petunjuk, obat bagi para muslim. Ketika kita kembali pada Al-qur’an maka kita mendapatkan banyak pelajaran. Di dalamnya banyak terdapat kisah yang penuh hikmah.

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-qur’an dan megamalkannya (mengajarkannya).”

Bacalah Al-qur’an dengan sebenar-benarnya bacaan.

-          Pintu-pintu kebaikan itu banyak. Maka bersungguh-sungguhah untuk melakukan yang wajib dan yang sunnah. Salah satu yang terpeting adalah sadaqah.

-          Dunia ini adalah negeri ujian. Allah menguji siapa yang paling baik akhlaknya. Maka dari itu jadilah kita menara-menara kabaikan, yang bersungguh-sungguh dan bersegera dalam kebaikan. Setiap kita akan mati, pada saat itu tak ada lagi yang bisa kita lakukan kecuali mengandalkan kebaikan yang kita lakukan selama di dunia.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 183 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: